Sari, Annisa Wulan (2025) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA N 1 Mangunjaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_pernyataankaryasendiri (1).pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi (12).pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKPD inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan menganalisis peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one grup pretest-posttest. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Mangunjaya dengan jumlah 33 siswa. Intrumen yang digunakan berupa LKPD dan soal pretest posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKPD inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menghasilkan nilai yang beragam pada setiap tahapan. Perolehan nilai rata-rata dari yang terendah hingga tertinggi berturut-turut adalah tahap merumuskan masalah dengan rata-rata 85, tahap merumuskan hipotesis dengan rata-rata 96, tahap merancang percobaan dengan rata-rata 93, tahap melakukan percobaan dengan rata-rata 91, tahap menganalisis data dengan rata-rata 91, tahap membuat kesimpulan dengan rata-rata 97. Peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit tergolong sedang dengan nilai n-gain 0,39 menunjukkan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji wilcoxon didapatkan nilai W_hitung yaitu sebesar 165,5 dan W_tabel yaitu sebesar 170. Hal tersebut menunjukan bahwa W_tabel ≥ W_hitung berarti H_o ditolak dan H_a diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Android; Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research Analysis, Theory of Functions Chemistry and Allied Science Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Annisa Wulan Sari |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:44 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |