Salsabilah, Syifa (2025) Penerapan bimbingan konseling Islami melalui program Rootsday dalam mengatasi Verbal Bullying pada siswa: Penelitian di SMP PGRI 10 Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Syifa Akhmalia Salsabilah_Plagiarisme (1).pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab i.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab ii.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab iii.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
Syifa Akhmalia_Lampiran Penelitian (1).pdf Download (784kB) | Preview |
Abstract
Siswa di sekolah tidak hanya mengikuti pembelajaran akademik, tetapi juga membangun interaksi sosial yang berperan dalam pembentukan karakter. Ketika hubungan sosial tidak terjalin dengan baik, pola komunikasi perlu diperhatikan, terutama ujaran yang dapat melukai perasaan. Verbal bullying, sebagai bentuk penindasan melalui kata-kata, meskipun tidak menimbulkan luka fisik, berdampak serius pada kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa, sehingga perlu dikaji secara mendalam Penelitian ini bertujuan mengetahui program bimbingan konseling islami dalam mengatasi verbal bullying melalui program RootsDay di SMP PGRI 10 Bandung. Teori yang digunakan meliputi Operant Conditioning, yang mengubah perilaku melalui penguatan dan hukuman, serta Tazkiyatunnafsi, yang berfokus pada penyucian jiwa dari sifat tercela. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori yakni Operant Condition yaitu teori membantu untuk mengubah perilaku individu melalui penguatan (reinforcement) dan hukuman (punishment). Teori tazkiyatunnafsi yakni teori yang membantu untuk proses penyucian jiwa (nafs) dari sifat-sifat tercela dan pengembangan sifat-sifat terpuji. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif Demikian, penelitian ini menjelaskan secara alami kondisi tempat penelitian sehingga informasi yang diperoleh dari pengumpulan data dapat dideskripsikan sesuai dengan apa yang terjadi lokasi penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami perubahan positif, ditandai dengan berkurangnya intensitas perilaku siswa yang melakukan verbal bullying. Penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling islami dengan pendekatan Tazkiyatunnafsi dapat berkontribusi secara signifikan dalam mengatasi verbal bullying siswa. Maka dengan Bimbingan Konseling Islami melalui program rootsday dapat dijadikan sebagai alternatif solusi bagi permasalahan yang serupa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling Islami; Verbal Bullying; Tazkiyatunnafsi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Salsabilah Syifa |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |