Rahmawati, Devi Fitri (2025) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran Matematis dan Curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (356kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan. Model Problem Based Learning (PBL) menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan curiosity. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran, (b) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan model PBL, (c) Curiosity siswa yang menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design, serta instrumen tes tulis yang memiliki validitas tinggi dan sangat tinggi dengan reliabilitas tinggi. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII A- VIII K di salah satu sekolah di Kota Bandung. Sampel penelitian terdiri atas kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan penalaran matematis, lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, lembar angket curiosity serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran dikategorikan sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan model PBL lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional, (c) Curiosity siswa menunjukkan kategori respon positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curiosity; Kemampuan Penalaran Matematis; Problem Based Learning |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Devi Fitri Rahmawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:22 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |