Zidane, ZamZam Rio (2025) Pengembangan E-Module berbasis Discovery Learning berbantuan Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (Keaslian Ilmiah)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
4_daftarisi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (512kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Lampiran)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad 21 adalah penalaran pengembangan dan pemberdayaan seluruh potensi peserta didik dalam membangun kepribadian serta keterampilan yang lebih unggul, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Namun, penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang variatif dan kritis diduga menjadi faktor yang turut menyebabkan ketidaktertarikan dan rendahnya motivasi belajar fisika peserta didik sehingga keterampilan berpikir kritisnya kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-module berbasis discovery learning berbantuan kvisoft flipbook maker. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta mengadaptasi model ADDIE. Sampel penelitian terdiri 36 peserta didik kelas XI-B SMAN 1 Majalaya. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, observasi keterlaksanaan dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken's V, analisis observasi, perhitungan n-gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-module layak dengan skor validasi ahli sebesar 0,90, keterlaksanaan pembelajaran baik, yaitu 89,72% untuk guru dan 89,17% untuk peserta didik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis sedang dengan n-gain 0,67 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001), sehingga Ha di terima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-module; Discovery Learning; Kvisoft flipbook maker; Keterampilan berpikir kritis; Suhu dan Kalor |
Subjects: | Education Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ZamZam Rio Zidane |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 05:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |