Azqia, DIaz Muhamad Azihar (2025) Implementasi algoritma Sequential Pattern Minning Framework (SPMF) untuk rekomendasi pemilihan hero dalam mengidentifikasi trend meta berdasarkan data historis pada game Dota 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti Dota 2 menuntut strategi pemilihan hero (drafting) yang kompleks serta adaptif terhadap perubahan meta yang terus berkembang. Walaupun platform data seperti OpenDota telah menyediakan statistik terkini, analisis mendalam mengenai pola historis drafting masih terbatas sehingga menyulitkan pemain dalam mengidentifikasi tren dan relevansi hero secara proaktif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem rekomendasi pemilihan hero pada Dota 2 dengan mengidentifikasi pola meta drafting berdasarkan data historis menggunakan pendekatan hybrid, yaitu Algoritma Sequential Pattern Mining Framework (SPMF) khususnya PrefixSpan serta Content-Based Filtering (CBF). Data historis pertandingan Dota 2, termasuk urutan pemilihan hero (picks_bans), diperoleh melalui OpenDota API, kemudian diproses dan ditransformasikan ke dalam format sekuensial sebagai input bagi algoritma SPMF. PrefixSpan digunakan untuk menemukan pola urutan hero yang sering muncul, sedangkan Content-Based Filtering diterapkan untuk merekomendasikan hero berdasarkan kesamaan fitur seperti tipe serangan, atribut utama, dan peran, yang berfungsi sebagai alternatif ketika pola sekuensial tidak tersedia. Sistem rekomendasi ini diimplementasikan dalam bentuk aplikasi interaktif berbasis Streamlit yang dijalankan secara lokal, mampu mengambil data terbaru dari OpenDota API, melakukan pelatihan ulang model PrefixSpan secara dinamis, serta menampilkan rekomendasi hero secara real-time. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa sistem hybrid ini mampu memberikan rekomendasi yang relevan, di mana SPMF menghasilkan presisi berbasis pola sementara CBF memastikan cakupan rekomendasi yang lebih luas. Kontribusi penelitian ini adalah menghadirkan alat bantu bagi pemain Dota 2 dalam menyusun strategi drafting yang lebih efektif dan sesuai dengan tren meta terkini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dota 2; Sistem Rekomendasi; Sequential Pattern Mining Framework (SPMF); PrefixSpan; Content-Based Filtering (CBF); Streamlit; OpenDota API; Hero Drafting |
Subjects: | Data Processing, Computer Science Data Processing, Computer Science > Computer Communications Networks Special Computer Methods > Artificial Intelligence |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Diaz Muhamad Azhar Azqia |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |