Implementasi algoritma Sequential Pattern Minning Framework (SPMF) untuk rekomendasi pemilihan hero dalam mengidentifikasi trend meta berdasarkan data historis pada game Dota 2

Azqia, DIaz Muhamad Azihar (2025) Implementasi algoritma Sequential Pattern Minning Framework (SPMF) untuk rekomendasi pemilihan hero dalam mengidentifikasi trend meta berdasarkan data historis pada game Dota 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti Dota 2 menuntut strategi pemilihan hero (drafting) yang kompleks serta adaptif terhadap perubahan meta yang terus berkembang. Walaupun platform data seperti OpenDota telah menyediakan statistik terkini, analisis mendalam mengenai pola historis drafting masih terbatas sehingga menyulitkan pemain dalam mengidentifikasi tren dan relevansi hero secara proaktif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem rekomendasi pemilihan hero pada Dota 2 dengan mengidentifikasi pola meta drafting berdasarkan data historis menggunakan pendekatan hybrid, yaitu Algoritma Sequential Pattern Mining Framework (SPMF) khususnya PrefixSpan serta Content-Based Filtering (CBF). Data historis pertandingan Dota 2, termasuk urutan pemilihan hero (picks_bans), diperoleh melalui OpenDota API, kemudian diproses dan ditransformasikan ke dalam format sekuensial sebagai input bagi algoritma SPMF. PrefixSpan digunakan untuk menemukan pola urutan hero yang sering muncul, sedangkan Content-Based Filtering diterapkan untuk merekomendasikan hero berdasarkan kesamaan fitur seperti tipe serangan, atribut utama, dan peran, yang berfungsi sebagai alternatif ketika pola sekuensial tidak tersedia. Sistem rekomendasi ini diimplementasikan dalam bentuk aplikasi interaktif berbasis Streamlit yang dijalankan secara lokal, mampu mengambil data terbaru dari OpenDota API, melakukan pelatihan ulang model PrefixSpan secara dinamis, serta menampilkan rekomendasi hero secara real-time. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa sistem hybrid ini mampu memberikan rekomendasi yang relevan, di mana SPMF menghasilkan presisi berbasis pola sementara CBF memastikan cakupan rekomendasi yang lebih luas. Kontribusi penelitian ini adalah menghadirkan alat bantu bagi pemain Dota 2 dalam menyusun strategi drafting yang lebih efektif dan sesuai dengan tren meta terkini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dota 2; Sistem Rekomendasi; Sequential Pattern Mining Framework (SPMF); PrefixSpan; Content-Based Filtering (CBF); Streamlit; OpenDota API; Hero Drafting
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computer Communications Networks
Special Computer Methods > Artificial Intelligence
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Diaz Muhamad Azhar Azqia
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:23
Last Modified: 11 Sep 2025 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119020

Actions (login required)

View Item View Item