Sistem predatory pricing di aplikasi E-commerce dalam perspektif hukum ekonomi syariah

Kamla, Salsa Meyladina (2025) Sistem predatory pricing di aplikasi E-commerce dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunana Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISEM)
SK Bebas Plagiarisem.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Predatory pricing sudah banyak dilakukan oleh e-commerce. Predatory pricing menurut hukum ekonomi syariah dilarang karena dianggap zalim (tidak adil), merugikan, dan mematikan usaha kecil, sehingga bertentangan dengan prinsip keadilan, keseimbangan dan kemaslahatan (maslahah) dalam islam. Praktik ini termasuk ighraq (menjatuhkan harga secara tidak wajar) dan bisa menyebabkan monopoli, yang juga diharamkan. Namun di lapangan, predatory pricing tetap terjadi karena pengawasan lemah, persaingan bisnis yang ketat, dan pelaku usaha besar punya modal untuk menahan kerugian sementara. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konsep predatory pricing di dalampenentuan harga dan untuk mengetahui bagaiamana perlindungan hukum yang diterima oleh pelaku usaha lain. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan secara spesifik pada Pasal 20 Undang–Undang No 5 Tahun 1999 perihal kegiatan jual rugi. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif. Dimana dalam metode ini penulis berusaha memaparkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan secara jelas. Metode Deskriptif adalah metode penelitian yang bertujuan menggambarkan objek atau subjek penelitian secara mendalam, luas dan terperinci. Dalam jenis penelitian ini bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat menganai fakta, sifat maupun hubungan antarfenomena yang diteliti. Hasil studi menunjukkan bahwa berbeda dengan di negara lain, kegiatan jual rugi di Indonesia ditandai dengan adanya penawaran harga dibawah harga produksi yang ditawarkan oleh seseorang pelaku usaha belum tentu dapat disebut dengan kegiatan jual rugi. Hal ini juga diamati terdapat atau tidak pelaku usaha lain yang keluar dari pasar akibat pelaku usaha yang melakukan jual rugi.Pada riset ini online marketplace yang mencoba penawaran harga dibawah rata-rata tidak melengkapi unsur suatujual rugi terhadap peraturan yang ada di hukum Indonesia, sebab tidak terpenuhinya suatu unsur terdapat pelaku usaha lain yang keluar dari pasar. Walaupun demikian, adanya kegiatan jual rugi berpeluang terjadi, maka peran pemerintah sangat dirahapkan dalampengendalian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan tentang Sistem Predatory Pricing di Aplikasi E-commerce dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah, maka dapat disimpulkan Sistem predatory pricing di e-commerce adalah strategi di mana perusahaan menjual produk di bawah biaya produksi dengan tujuan menyingkirkan pesaing, membangun dominasi pasar, dan kemudian menaikkan harga ketika pesaing sudah tersingkir. Praktik ini bisa memberikan keuntungan jangka pendek bagi konsumen, namun berdampak negatif dalam jangka panjang karena bisa menciptakan monopoli, mengurangi pilihan, menaikkan harga, mematikan inovasi, serta merugikan usaha kecil dan menengah. Penerapan sistem predatory pricing di e-commerce dianggap tidak sesuai prinsip syariah karena mengandung unsur ketidakadilan, manipulasi, dan dapat merugikan pelaku usaha lain khususnya UMKM. Kata kunci: Predatory Pricing, E-commerce, Jual Rugi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Predatory Pricing; E-commerce; Jual Rugi
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Salsa Meyladina Kamla
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:17
Last Modified: 11 Sep 2025 08:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119148

Actions (login required)

View Item View Item