Pengaruh digital maketing dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk jasa PT Manajemen Qolbu Travel Bandung: Studi penelitian pada konsumen PT MQ Travel Kota Bandung

Zakiya, Muhammad Lahfan (2025) Pengaruh digital maketing dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk jasa PT Manajemen Qolbu Travel Bandung: Studi penelitian pada konsumen PT MQ Travel Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak..pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
6_bab2..pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola pemasaran jasa, termasuk di sektor travel haji dan umrah. Persaingan yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing sekaligus menjaga kualitas pelayanan agar tetap kompetitif. PT Manajemen Qolbu Travel Bandung merupakan salah satu perusahaan travel haji dan umrah yang dituntut mampu mengintegrasikan digital marketing dengan pelayanan prima untuk menarik konsumen dan mempertahankan loyalitas jamaah. Dalam konteks tersebut, penting untuk menguji sejauh mana digital marketing dan kualitas pelayanan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini terdapat identifikasi masalah yaitu, adanya peningkatan perangkat internet dalam penelitian terdahulu mengenai pengaruh digital marketing terhadap keputusan konsumen dalam memilih dan menggunakan produk biro jasa travel haji dan umroh. Kemudian adanya inkonsistensi dalam penelitian terdahulu mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen. Dan adanya banyak perusahaan travel khusunya travel haji dan umroh di daerah Bandung yang terus melakukan ekspansi dan memperluas jaringannya sehingga mengancam eksistensi dari MQ Travel Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk jasa pada PT Manajemen Qolbu Travel Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian meliputi seluruh konsumen PT Manajemen Qolbu Travel Bandung dengan metode yang digunakan yaitu purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah responden tertentu sesuai kriteria penelitian. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta secara simultan kedua variabel tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di mana diperoleh nilai F hitung sebesar 17,613 > F tabel 3,09 pada taraf signifikansi 5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan strategi digital marketing yang tepat dan peningkatan kualitas pelayanan yang konsisten dapat meningkatkan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital marketing; kualitas pelayanan; keputusan pembelian; jasa perjalanan; PT Manajemen Qolbu Travel
Subjects: Geography and Travel
Geography and Travel > Miscellany of Travel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Zakiya Muhammad Lahfan
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:53
Last Modified: 14 Oct 2025 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119192

Actions (login required)

View Item View Item