Bachtiar, Isnansyah Afif (2025) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam praktik perdagangan pakaian di Pasar Cimol Gedebage. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstract.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiarsme (1).pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
Abstract
Perdagangan merupakan salah satu aktivitas ekonomi utama dalam kehidupan masyarakat dan memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi, terutama di pasar tradisional. Namun, dalam praktiknya, masih sering dijumpai penyimpangan etika yang dapat merugikan konsumen dan menurunkan kualitas interaksi bisnis. Pasar Cimol Gedebage sebagai salah satu pusat perdagangan pakaian bekas di Kota Bandung menjadi lokasi menarik untuk diteliti karena menghadirkan dinamika sosial-ekonomi yang kompleks, serta keberagaman karakter pedagang yang mencerminkan praktik muamalah di tingkat mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi etika bisnis Islam dalam aktivitas perdagangan pakaian di Pasar Cimol Gedebage, dengan mengkaji sejauh mana prinsip-prinsip Islam seperti tauhid, kejujuran, keadilan, amanah, dan maslahah diterapkan oleh para pedagang. Pendekatan ini merujuk pada teori etika bisnis Islam menurut Umar Chapra yang menekankan integrasi antara nilai-nilai spiritual, moral, dan tujuan ekonomi dalam aktivitas bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam terhadap pedagang, dan dokumentasi. Informan terdiri dari enam pedagang pakaian yang memiliki pengalaman berbeda-beda dalam menjalankan usaha di pasar tersebut. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan teknik triangulasi untuk memperoleh validitas data yang maksimal. Hasil penelitian menunjukkan 1. Secara praktik, para pedagang memulai aktivitas pukul 09.00 hingga 17.00 sesuai jam operasional pasar. Sistem tawar-menawar masih dominan, menunjukkan kearifan lokal yang selaras dengan nilai keadilan dalam Islam. 2. Dalam hal pemahaman terhadap etika bisnis Islam, para pedagang memiliki kesadaran yang bervariasi tergantung pada latar belakang pendidikan dan pengalaman mereka. Meskipun banyak dari mereka tidak secara eksplisit menyebut istilah "etika bisnis Islam", tetapi praktik yang mereka lakukan mencerminkan prinsip-prinsip utama etika tersebut 3. Implementasi etika bisnis Islam oleh pedagang di Pasar Cimol Gedebage tercermin melalui prinsip tauhid, keadilan, kejujuran, amanah, dan maslahah. Mereka berdagang dengan niat ibadah, menetapkan harga secara adil, jujur dalam informasi barang, serta memberi manfaat melalui pelayanan yang ramah dan solutif. Bahkan, kesadaran lingkungan mulai tumbuh meski sederhana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis; Islam; Etika Bisnis Islam |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ISNANSYAH AFIF BACHTIAR |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 02:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |