Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan kertas indikator alami dari buah-buahan untuk mengembangkan keterampilan proses sains

Septiani, R Olga (2025) Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan kertas indikator alami dari buah-buahan untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan Proses Sains pada peserta didik masih belum optimal karena kegiatan praktikum selama ini kebanyakan hanya mengacu pada indikator yang tertera dalam modul pelaksaan praktikum. Diperlukan Lembar Kerja berbasis proyek untuk meningkatkan keaktifan dan kinerja ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik, menganalisis kemampuan menyelesaikan lembar kerja berbasis proyek, dan mengembangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) melalui pembuatan kertas indikator alami dari buah naga, bit, dan binahong. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X AK 2 SMKN 2 Cilaku. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, lembar kerja, penilaian presentasi, dan poster. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam seluruh tahapan pembelajaran berbasis proyek berada pada kategori sangat baik. Kemampuan menyelesaikan lembar kerja juga tergolong sangat baik, dan indikator KPS seperti observasi, prediksi, eksperimen, hingga komunikasi ilmiah berkembang secara efektif. Penerapan lembar kerja berbasis proyek dalam praktikum pembuatan kertas indikator alami dari buah-buahan terbukti efektif dalam menegmbangkan KPS dan memfasilitasi pembelajaran aktif berbasis praktikum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: buah; kertas indikator alami; keterampilan proses sains; lembar kerja berbasis proyek
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science > Chemists
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Runi Septiani R
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:07
Last Modified: 12 Sep 2025 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119395

Actions (login required)

View Item View Item