Peran perencanaan pelatihan dakwah dalam meningkatkan pemahaman Da'i terhadap materi Dakwah: Studi Kasus Arrabithah Al Khaeriyah Jakarta Pusat

Barakbah, Aisyah (2025) Peran perencanaan pelatihan dakwah dalam meningkatkan pemahaman Da'i terhadap materi Dakwah: Studi Kasus Arrabithah Al Khaeriyah Jakarta Pusat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LPPS_Aisyah Barakbah.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
Lampiran skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dakwah memegang peranan penting dalam menyebarluaskan ajaran Islam. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan masyarakat akan kualitas da'i terus meningkat. Saat ini, masyarakat mengharapkan dakwah yang lebih sesuai dengan kondisi sosial, budaya, dan pengetahuan yang terus berkembang. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kemampuan para da'i melalui pelatihan yang terorganisir agar mereka lebih memahami dan menyampaikan pesan-pesan dakwah secara efektif. Organisasi Arrabithah Al Khaeriyah terus berupaya memberikan pelatihan dakwah untuk menjawab tantangan di tengah perubahan zaman. Perencanaan program pelatihan yang matang dan terstruktur diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran perencanaan dan Pemahaman dalam pelatihan di Arrabithah Al Khaeriyah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan menurut Louis A. Allen. Dalam menentukan perencanaan memiliki beberapa langkah, seperti Prediksi (Forecasting), penetapan tujuan (Establishing objectives), penjadwalan (Scheduling) dan peanggaran (Budgeting). Adapun teori pemahaman dalam mencapai tujuan pelatihan dengan penetapan tujuan dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan keperluan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan pelatihan dakwah di Arrabithah Al Khaeriyah dilakukan dengan cara yang sistematis dan terorganisir, melibatkan prediksi kualitatif, penargetan berdasarkan visi dan tugas organisasi, memprioritaskan sumber daya, perencanaan kegiatan dan aktivitas, penjadwalan dilakukan secara terstruktur, dan penargetan berdasarkan visi dan tugas organisasi. Metode penganggaran dilakukan sukarela dari peserta dan pengurus, sehingga tidak menetap. Kedua, pelatihan ini menekankan pada penguasaan materi dengan menggunakan metode ceramah dan ujian akhir. Ketiga, Faktor penghambat yang dialami adalah kualitas dan kuantitas sumber daya manusia serta pemasukan keuangan yang tidak pasti. Faktor pendukung nya seperti komitmen kuat dari manajemen dan antusias yang tinggi dari peserta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan yang sistematis serta visi dan misi yang jelas dalam melaksanakan pelatihan dakwah sangat dibutuhkan. Disarankan agar Arrabithah Al Khaeriyah meningkatkan kualitas dan kuantitas pengajar, mencari sumber pendanaan alternatif, model evaluasi dapat menggunakan Kirkpatrick. Serta menggunakan metode belajar yang berfokus pada pengembangan peserta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelatihan Dakwah, Pemahaman Da'i.
Subjects: Islam > Da'wah
General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Aisyah Barakbah
Date Deposited: 15 Sep 2025 05:36
Last Modified: 15 Sep 2025 05:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119427

Actions (login required)

View Item View Item