Hodijah, Anisa Siti (2025) Pengaruh organizational justice dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (895kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja guru menentukan kualitas pendidikan di Indonesia, termasuk di MAN se-Kabupaten Sumedang. Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) menunjukkan bahwa ditemukan guru belum mencapai standar minimal kompetensi, baik dari sisi pedagogik maupun professional. Kondisi ini menuntut adanya strategi peningkatan kapasitas yang sistematis guna meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh organizational justice terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaten Sumedang; 2) pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaten Sumedang; dan 3) pengaruh organizational justice dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di MAN se-Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasarkan kepada kerangka berpikir, dimensi organizational justice menurut Colquitt yaitu distributive justice, procedural justice, interactional jutice. Dimensi organizational citizenship behavior menurut Organs yaitu altruism, conscientiousness, civic virtue, courtesy, sportmanships. Dimensi kinerja guru menurut Robbins yaitu kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data bersifat kuantitatif, dengan sumber data sebanya 74 guru di MAN se-Kabupaten Sumedang. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian dianalisis secara statistic, dimulai dengan uji validitas dan reliabilitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat seperti normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis yang mencakup analisis regresi sederhana, regresi berganda, serta uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25,0. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel-variabel yang diteliti. Pertama, terdapat pengaruh organizational justice (X1) terhadap kinerja guru (Y) di MAN se-Kabupaten Sumedang sebesar 0,576 atau 57,6%. Kedua, terdapat pengaruh organizational citizenship behavior (X2) terhadap kinerja guru (Y) di MAN se-Kabupaten Sumedang sebesar 0,256 atau 25,6%. Ketiga, terdapat pengaruh secara simultan antara organizational justice (X1) dan organizational citizenship behavior (X2) terhadap kinerja guru (Y) di MAN se-Kabupaten Sumedang dengan kontribusi sebesar 0,577 atau 57,7%. Implikasi dari temuan ini menegaskan organizational justice menciptakan lingkungan kerja yang adil dan kondusif, sedangkan OCB mendorong guru untuk berperilaku proaktif dan berkontribusi lebih dalam organisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Organizational justice; organizational citizenship behavior; kinerja guru |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anisa Siti Hodijah |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:09 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |