Andriawati, Dzulfitri (2025) Penerapan pembelajaran Inkuiri berbantuan Irydium Chemistry Lab untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi stoikiometri larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
3_SKBebasPlagiarism.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan menganalisis pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkan pembelajaran inkuiri berbantuan Irydium Chemistry Lab pada materi stoikiometri larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one-shot case study dengan model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 28 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, lembar kerja siswa, serta tes untuk mengukur pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami pengembangan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada level kognitif menganalisis (C4) adalah 71, nilai rata-rata 75 pada level kognitif mengevaluasi (C5), dan nilai rata-rata 70 pada level kognitif mencipta (C6). Secara keseluruhan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa memperoleh nilai sebesar 72 dengan kategori baik. Dengan demikian pembelajaran dengan Irydium Chemistry Lab melalui pendekatan inkuiri dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Irydium Chemistry Lab; kemampuan berpikir tingkat tinggi; stoikiometri larutan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dzulfitri Andriawati |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 06:14 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 06:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |