Penerapan pembelajaran Inkuiri berbantuan Irydium Chemistry Lab untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi stoikiometri larutan

Andriawati, Dzulfitri (2025) Penerapan pembelajaran Inkuiri berbantuan Irydium Chemistry Lab untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi stoikiometri larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_SKBebasPlagiarism.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
6_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan menganalisis pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkan pembelajaran inkuiri berbantuan Irydium Chemistry Lab pada materi stoikiometri larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one-shot case study dengan model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 28 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, lembar kerja siswa, serta tes untuk mengukur pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami pengembangan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada level kognitif menganalisis (C4) adalah 71, nilai rata-rata 75 pada level kognitif mengevaluasi (C5), dan nilai rata-rata 70 pada level kognitif mencipta (C6). Secara keseluruhan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa memperoleh nilai sebesar 72 dengan kategori baik. Dengan demikian pembelajaran dengan Irydium Chemistry Lab melalui pendekatan inkuiri dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inkuiri; Irydium Chemistry Lab; kemampuan berpikir tingkat tinggi; stoikiometri larutan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dzulfitri Andriawati
Date Deposited: 13 Sep 2025 06:14
Last Modified: 13 Sep 2025 06:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119450

Actions (login required)

View Item View Item