Penerapan model pembelajaran Group Resume untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dan self confidence siswa

Adlirrahaman, Arsyan (2025) Penerapan model pembelajaran Group Resume untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dan self confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika dan self confidence siswa sekolah menengah pertama melalui penerapan model pembelajaran Group Resume. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain nonequevalent control group design. Penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di SMP swasta di KBB dengan populasi sebanyak 4 kelas dan sampel sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman matematika dan non tes angket self confidence. Hasil penelitian ini yaitu (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik (2) adanya perbedaan dalam peningkatan keterampilan pemahaman matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3), adanya perbedaan dalam pencapaian keterampilan pemahaman matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (4) Dari perspektif afektif, 71% siswa merespons positif terhadap pembelajaran dengan model Group Resume, menunjukkan pengaruh positif terhadap self confidence siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Group Resume efektif dalam meningkatkan aspek kognitif dan afektif siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis; Model Pembelajaran Group Resume; Self confidence
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Arsyan Adlirrahaman
Date Deposited: 14 Sep 2025 22:29
Last Modified: 14 Sep 2025 22:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119496

Actions (login required)

View Item View Item