Adlirrahaman, Arsyan (2025) Penerapan model pembelajaran Group Resume untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dan self confidence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (599kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika dan self confidence siswa sekolah menengah pertama melalui penerapan model pembelajaran Group Resume. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain nonequevalent control group design. Penelitian ini adalah siswa kelas tujuh di SMP swasta di KBB dengan populasi sebanyak 4 kelas dan sampel sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman matematika dan non tes angket self confidence. Hasil penelitian ini yaitu (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik (2) adanya perbedaan dalam peningkatan keterampilan pemahaman matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3), adanya perbedaan dalam pencapaian keterampilan pemahaman matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (4) Dari perspektif afektif, 71% siswa merespons positif terhadap pembelajaran dengan model Group Resume, menunjukkan pengaruh positif terhadap self confidence siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Group Resume efektif dalam meningkatkan aspek kognitif dan afektif siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis; Model Pembelajaran Group Resume; Self confidence |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Arsyan Adlirrahaman |
Date Deposited: | 14 Sep 2025 22:29 |
Last Modified: | 14 Sep 2025 22:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |