Strategi kampanye public relations instansi pemerintah: Studi deskriptif pada Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam Kegiatan Car Free Day

Ferdiana, Fadlan (2025) Strategi kampanye public relations instansi pemerintah: Studi deskriptif pada Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam Kegiatan Car Free Day. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SKbebasplagiarism.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan bebas di ruang publik tanpa adanya gangguan dari kendaraan bermotor dan mobil serta mengurangi polusi udara (car free day) menjadi kegiatan yang di minati oleh masyarakat khususnya warga Kota Bandung Jawa Barat untuk melakukan aktivitas. Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan kegiatan kampanye public relations sebagai hal yang penting untuk memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tata tertib yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri strategi kampanye public relations Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam kegiatan car free day berdasarkan model manajemen kampanye menurut Venus (2019) yang meliputi lima tahapan yaitu perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi komunikasi dalam kampanye public relations yang dilakukan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang peraturan yang harus ditaati serta hukuman yang berlaku untuk mencegah pelanggaran yang terjadi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi guna melengkapi penjelasan pada pemaparan hasil data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan kegiatan kampanye public relations secara tersruktur yang relevan dengan model manajeman kampanye oleh Venus (2019) dengan melaluibeberapa proses diantaranya; pertama, perencanaan dan pengembangan yang meliputi dari rencana kampanye, penyusunan peraturan serta hukuman dan pemilihan saluran media dan isi pesan kampanye. Kedua, pelaksanaan yang meliputi aktivitas kampanye di media sosial dan aktivitas kampanye secara langsung. Ketiga, monitoring dan evaluasi yang meliputi respon masyarakat, evaluasi secara langsung dan evaluasi internal setelah kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kampanye Public Relations;, Car Free Day;, Ruang Publik Instansi Pemerintah;.
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Fadlan Ferdiana
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:48
Last Modified: 17 Sep 2025 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119536

Actions (login required)

View Item View Item