Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan aplikasi Educandy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan curiosity matematis siswa

Karimah, Fathah Aviatul (2025) Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan aplikasi Educandy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan curiosity matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika berperan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Namun, masih banyak siswa yang kurang mampu menghasilkan ide baru serta memiliki rasa ingin tahu rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan aplikasi Educandy dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan curiosity matematis. Rumusan masalah penelitian difokuskan pada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif antar kelas, perbedaan curiosity sebelum dan sesudah perlakuan, serta pencapaian kemampuan berpikir kreatif berdasarkan gender. Metode yang digunakan quasi experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel ditentukan dengan teknik random sampling diperoleh kelas VII A, VII B, dan VII C. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket curiosity. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan, dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan eksperimen 2 dan kontrol. Selain itu, terdapat perbedaan curiosity siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan analisis gender, secara keseluruhan siswa perempuan mengalami peningkatan lebih baik, tetapi pada kelas eksperimen 1 siswa laki-laki lebih unggul. Dengan demikian, pembelajaran VCT berbantuan Educandy efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan curiosity matematis siswa, serta layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif di era digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Value Clarification Technique (VCT); Educandy; Kemampuan Berpikir Kreatif; Curiosity; Matematika
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fathah Aviatul Karimah
Date Deposited: 13 Sep 2025 14:03
Last Modified: 13 Sep 2025 14:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119753

Actions (login required)

View Item View Item