Dayanti, Afrita Zahra (2025) Perbandingan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Nearpod dan Discovery Learning berbantuan Nearpod dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (376kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Nearpod dan Discovery Learning berbantuan Nearpod pada materi fluida statis. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 13 Garut, dengan sampel dua kelas, yaitu XI-1 sebagai kelas eksperimen I (33 peserta didik) dan XI-4 sebagai kelas eksperimen II (33 peserta didik), yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui intrumen penelitian tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan AABTLT with SAS, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif melalui pretest dan posttest menggunakan uji N-gain, uji normalitas menggunakan shapiro wilk, uji homogenitas menggunakan uji levene, dan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas tergolong efektif yaitu pada kelas eskperimen I sebesar 77% dan eksperimen II memiliki presentase sebesar 75%, Rata-rata N-Gain kelas eksperimen I adalah 0,81 dan kelas eksperimen II sebesar 0,78, keduanya berada pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif antara kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Nearpod lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Nearpod.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif; Creative Problem Solving; Discovery Learning; Fluida Statis; Nearpod |
Subjects: | Education Physics Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Afrita Zahra Dayanti |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:23 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |