Rosalina, Selvia Sakila (2025) Aktivitas marketing communications kafe lokal: Studi deskriptif kualitatif pada humas perusahaan Beda Cerita Coffee di Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5_Bab 1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Persaingan yang ketat dalam industri kafe menuntut setiap pelaku usaha untuk memiliki strategi komunikasi yang efektif agar tetap bertahan di tengah kompetisi. Di tengah kondisi tersebut, Beda Cerita Coffee menerapkan aktivitas komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk membangun, menjaga, dan memperkuat hubungan berkelanjutan dengan pelanggan. Aktivitas komunikasi pemasaran menjadi komponen penting dalam menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan konsumen, terutama di era digital yang membutuhkan pendekatan cepat, relevan, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Beda Cerita Coffee dalam menjangkau audiens dan membangun kedekatan dengan konsumen. Analisis penelitian menggunakan kerangka Integrated Marketing Communication (IMC) dari Don Schultz sebagai alat konseptual untuk melihat kesesuaian aktivitas di lapangan dengan elemen IMC. Penelitian ini mengadopsi paradigma konstruktivisme dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beda Cerita Coffee menjalankan beragam aktivitas komunikasi pemasaran yang selaras dengan elemen IMC. Bentuk aktivitas tersebut meliputi advertising melalui media sosial dan kolaborasi dengan influencer, personal selling melalui interaksi langsung dan pelayanan 3S (Senyum, Salam, Sapa), sales promotion melalui program giveaway dan diskon, public relations/publicity melalui kolaborasi komunitas dan konten visual, serta direct marketing dengan sistem membership dan pemanfaatan media digital seperti WhatsApp dan Instagram. Aktivitas ini menunjukkan upaya kafe dalam menjaga eksistensi serta membangun kedekatan dengan konsumennya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran; Integrated Marketing Communication; Beda Cerita Coffee; Kafe Lokal |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Selvia Sakila Rosalina |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:42 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |