Ariani, Dini Cahya (2025) Penerapan model pembelajaran Children Learning in Science untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Pernyataan karya sendiri Dini.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (524kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS. Rendahnya hasil belajar kognitif siswa dikarenakan pembelajaran yang membosankan dan tidak banyak melibatkan siswa. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan model Children Learning in Science dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pengingkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS yang menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science dengan model Direct Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 1 Sindangrasa tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil adalah kelas IV A dan IV B dengan 21 siswa dari masing-masing kelas menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes soal uraian pretest-posttest serta lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsi kuantitatif yang diolah menggunakan statistic dengan perhitungan uji t independent untuk nilai nilai pretest dan posttest, serta uji Mann Whitnney untuk perhitungan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas eksperimen sebelum diberikan treatment memperoleh nilai rata-rata sebesar 39,33 dan di kelas kontrol sebesar 41,54. Adapun hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen setelah diberikan treatment mendapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 80,95 dan di kelas kontrol sebesar 62,29. Setelah melakukan uji Mann Whitnney N-Gain didapat nilai signifikansi sebesar 0,003 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS yang menggunakan model Children Learning in Science dengan siswa yang menggunakan model Direct Instruction. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Children Learning in Science dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Sindangrasa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Children Learning in Science, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran IPAS |
Subjects: | Education Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dini cahya ariani |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:42 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |