Permana, Witri Qadari (2025) Pengaruh metode TEACCH menggunakan media papan visual terhadap kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autism: Penelitian Single Subject Research (SSR) pada anak autisme umur 5–6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya ditemukan permasalahan disiplin belajar khususnya pada anak autisme umur 5-6 tahun, anak dengan hambatan autisme sering mengalami kesulitan dalam disiplin belajar karena keterbatasan dalam komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku repetitif. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah TEACCH dengan bantuan media papan visual. Metode ini efektif membantu anak autisme memahami dan mengikuti kegiatan belajar melalui dukungan visual yang terstruktur, sehingga dapat meningkatkan fokus, dan kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autis umur 5-6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya sebelum menerapkan metode TEACCH menggunakan media papan visual. 2) Kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autis umur 5-6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya stelah menerapkan metode TEACCH menggunakan media papan visual. 3) Pengaruh metode TEACCH menggunakan media papan visual terhadap kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autis umur 5-6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini mengacu pada pendapat Tu’u (2008) indikator disiplin belajar anak autisme antara lain yaitu: 1) disiplin dalam berprilaku di sekolah, 2) disiplin di dalam kelas. Metode TEACCH dengan media papan visual disarankan dalam penelitian ini karena anak dengan autisme membutuhkan struktur yang jelas, konsisten, dan visualisasi konkret agar mampu memahami aturan serta rutinitas yang berlaku. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan peserta didik autisme di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati perilaku anak menggunakan instrumen observasi kemampuan disiplin belajar dengan metode TEACCH menggunakan media papan visual sebagai alat bantu pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel. Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adannya pengaruh dalam peningkatan kemampuan disiplin belajar, dengan presentase subjek SM, HI, dan ZH sebesar 87,5%, sedangkan MA dengan persentase sebesar 75% setelah dilakukan treatment menggunakan metode TEACCH. Dengan demikian metode TEACCH menggunakan media papan visual berpengaruh terhadap kemampuan disiplin belajar anak dengan gangguan autisme di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEACCH; papan visual; disiplin belajar; autism |
Subjects: | Education > Ethical Education Education > Psychology of Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Witri Qadari Permana |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:52 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |