Pengaruh metode TEACCH menggunakan media papan visual terhadap kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autism: Penelitian Single Subject Research (SSR) pada anak autisme umur 5–6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya

Permana, Witri Qadari (2025) Pengaruh metode TEACCH menggunakan media papan visual terhadap kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autism: Penelitian Single Subject Research (SSR) pada anak autisme umur 5–6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya ditemukan permasalahan disiplin belajar khususnya pada anak autisme umur 5-6 tahun, anak dengan hambatan autisme sering mengalami kesulitan dalam disiplin belajar karena keterbatasan dalam komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku repetitif. Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah TEACCH dengan bantuan media papan visual. Metode ini efektif membantu anak autisme memahami dan mengikuti kegiatan belajar melalui dukungan visual yang terstruktur, sehingga dapat meningkatkan fokus, dan kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autis umur 5-6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya sebelum menerapkan metode TEACCH menggunakan media papan visual. 2) Kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autis umur 5-6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya stelah menerapkan metode TEACCH menggunakan media papan visual. 3) Pengaruh metode TEACCH menggunakan media papan visual terhadap kemampuan disiplin belajar anak usia dini dengan hambatan autis umur 5-6 tahun di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini mengacu pada pendapat Tu’u (2008) indikator disiplin belajar anak autisme antara lain yaitu: 1) disiplin dalam berprilaku di sekolah, 2) disiplin di dalam kelas. Metode TEACCH dengan media papan visual disarankan dalam penelitian ini karena anak dengan autisme membutuhkan struktur yang jelas, konsisten, dan visualisasi konkret agar mampu memahami aturan serta rutinitas yang berlaku. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan peserta didik autisme di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati perilaku anak menggunakan instrumen observasi kemampuan disiplin belajar dengan metode TEACCH menggunakan media papan visual sebagai alat bantu pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel. Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adannya pengaruh dalam peningkatan kemampuan disiplin belajar, dengan presentase subjek SM, HI, dan ZH sebesar 87,5%, sedangkan MA dengan persentase sebesar 75% setelah dilakukan treatment menggunakan metode TEACCH. Dengan demikian metode TEACCH menggunakan media papan visual berpengaruh terhadap kemampuan disiplin belajar anak dengan gangguan autisme di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TEACCH; papan visual; disiplin belajar; autism
Subjects: Education > Ethical Education
Education > Psychology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Witri Qadari Permana
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:52
Last Modified: 15 Sep 2025 07:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119972

Actions (login required)

View Item View Item