Penerapan metode Think Pair Share with Movement untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian quasi-eksperiment di kelas VII A Siswa Mts Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung

Subagja, Malqan Badsari (2025) Penerapan metode Think Pair Share with Movement untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian quasi-eksperiment di kelas VII A Siswa Mts Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan masalah pada hasil belajar kognitif siswa khususnya pada mata pelajaran Fikih. Idealnya nilai siswa dalam mata pelajaran Fikih berada di atas KKM karena guru sudah mengajar dengan benar, namun kenyataannya nilai siswa pada mata pelajaran Fikih berada di bawah KKM. Ini dibuktikan dengan hasil test yang menunjukkan sekitar 60% dari jumlah keseluruhan siswa di kelas VII A dan B. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus menggunakan metode yang lebih variatif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode Think Pair Share with Movement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan metode Think Pair Share with Movement dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran Fikih, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran Fikih, dan 3) Pengaruh penerapan metode Think Pair Share with Movement terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran Fikih. Penelitian ini memiliki dasar pada pemikiran bahwa metode Think Pair Share With Movement ini merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Kognitif siswa. Berdasarkan Hal tersebut, Hipotesis yang diajukan adalah Ha Penerapan metode Think Pair Share with Movement diduga dapat meningkatkan hasil Belajar Kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain nonequivalent Control-group design. Bentuk design tersebut dilakukan pada kelompok eksperiment dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif, dengan melakukan analisis data yang menggunakan Uji Normalitas, Homogenitas, Hipotesis Statistik, dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian (1) Penerapan metode Think Pair Share with Movement di kelas VII A Mts Al-Jawami terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan pada rata rata hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas murid dengan total skor 84,5% kriteria “Baik”. (2) Hasil belajar kognitif siswa dikelas Experiment Mts Al-Jawami setelah diterapkannya metode Think Pair Share with Movement mengalami kenaikan dengan rata rata nilai 80, sedangkan pada kelas Kontrol 75. (3) Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share with Movement dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A Mts Al-Jawami dengan nilai 8% dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,007 < 0,05 yang secara empiris dapat terjawab adanya pengaruh pada penerapan metode Think Pair Share with Movement dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Think Pair Share with Movement; Hasil Belajar
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Malqan Badsari Subagja
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:56
Last Modified: 11 Nov 2025 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119977

Actions (login required)

View Item View Item