Subagja, Malqan Badsari (2025) Penerapan metode Think Pair Share with Movement untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian quasi-eksperiment di kelas VII A Siswa Mts Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
||
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan masalah pada hasil belajar kognitif siswa khususnya pada mata pelajaran Fikih. Idealnya nilai siswa dalam mata pelajaran Fikih berada di atas KKM karena guru sudah mengajar dengan benar, namun kenyataannya nilai siswa pada mata pelajaran Fikih berada di bawah KKM. Ini dibuktikan dengan hasil test yang menunjukkan sekitar 60% dari jumlah keseluruhan siswa di kelas VII A dan B. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus menggunakan metode yang lebih variatif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode Think Pair Share with Movement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan metode Think Pair Share with Movement dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran Fikih, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran Fikih, dan 3) Pengaruh penerapan metode Think Pair Share with Movement terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata Pelajaran Fikih. Penelitian ini memiliki dasar pada pemikiran bahwa metode Think Pair Share With Movement ini merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Kognitif siswa. Berdasarkan Hal tersebut, Hipotesis yang diajukan adalah Ha Penerapan metode Think Pair Share with Movement diduga dapat meningkatkan hasil Belajar Kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain nonequivalent Control-group design. Bentuk design tersebut dilakukan pada kelompok eksperiment dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif, dengan melakukan analisis data yang menggunakan Uji Normalitas, Homogenitas, Hipotesis Statistik, dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian (1) Penerapan metode Think Pair Share with Movement di kelas VII A Mts Al-Jawami terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan pada rata rata hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas murid dengan total skor 84,5% kriteria “Baik”. (2) Hasil belajar kognitif siswa dikelas Experiment Mts Al-Jawami setelah diterapkannya metode Think Pair Share with Movement mengalami kenaikan dengan rata rata nilai 80, sedangkan pada kelas Kontrol 75. (3) Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share with Movement dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A Mts Al-Jawami dengan nilai 8% dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,007 < 0,05 yang secara empiris dapat terjawab adanya pengaruh pada penerapan metode Think Pair Share with Movement dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode; Think Pair Share with Movement; Hasil Belajar |
| Subjects: | Knowledge > Descriptive and Experimental Methods Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam |
| Depositing User: | Malqan Badsari Subagja |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:56 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:46 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



