Analisis komparasi efektivitas digitalisasi penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat

Saifunniam, Nadira Najah (2025) Analisis komparasi efektivitas digitalisasi penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak .pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi .pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1 .pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
6_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis komparasi efektivitas penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Zakat berperan strategis dalam kesejahteraan masyarakat, dan transformasi zakat digiterbukti mendorong peningkatan penghimpunan dana zakat. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas penghimpunan dana zakat sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi, serta menganalisis dampaknya terhadap pencapaian target penghimpunan di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data kualitatif diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dengan Manager Relationship Marketing (RM) Retail dan Digital, kepala sekretariat, staf penghimpunan digital dan staf digital retail dan partnership, observasi dan hasil analisis dokumen terkait penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat sedangkan data sekunder berasal dari laporan keuangan periode 2016–2023 serta dokumen resmi lembaga. Analisis menggunakan teori efektivitas James L.Gibson yang meliputi indikator produktivitas, kualitas, kemampuan adaptasi, dan pengembangan. Selain itu, dilakukan perhitungan rasio efektivitas keuangan untuktemuan dukungan sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi oleh Badan Amil ZakatNasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat dalam penghimpunan dana zakat dapat dikategorikan efektif karena selaras dengan teori efektivitas yang dikemukakan oleh James L. Gibson dkk. Analisis rasio efektivitas sebelum digitalisasi (2016-2018) menunjukkan capaian pada kategori efektif hingga sangat efektif meskipun masih bergantung pada segmen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan metode konvensional. Setelah digitalisasi (2019-2023), penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat secara keseluruhan berada pada kriteria efektifhingga sangat efektif. Penerapan digitalisasi ini terbukti meningkatkan jumlah dana terhimpun, memperluas jangkauan muzaki, mempercepat proses transaksi, meningkatkan transparansi, serta mempermudah akses pembayaran zakat melalui berbagai kanal daring, seperti website, aplikasi mobile, mobile banking, e-commerce, dan platform crowdfunding. Selain itu, Penerapan digitalisasi zakat berdampak positif pada pencapaian target penghimpunan dana zakat. tal di BAZNAS Provinsi Jawa Barat terbukti mendorong peningkatan penghimpunan dana zakat. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas penghimpunan dana zakat sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi, serta menganalisis dampaknya terhadap pencapaian target penghimpunan di BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data kualitatif diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dengan Manager Relationship Marketing (RM) Retail dan Digital, kepala sekretariat, staf penghimpunan digital dan staf digital retail dan partnership, observasi dan hasil analisis dokumen terkait penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat sedangkan data sekunder berasal dari laporan keuangan periode 2016–2023 serta dokumen resmi lembaga. Analisis menggunakan teori efektivitas James L.Gibson yang meliputi indikator produktivitas, kualitas, kemampuan adaptasi, dan pengembangan. Selain itu, dilakukan perhitungan rasio efektivitas keuangan untuktemuan dukungan sebelum dan sesudah penerapan digitalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi oleh Badan Amil ZakatNasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat dalam penghimpunan dana zakat dapat dikategorikan efektif karena selaras dengan teori efektivitas yang dikemukakan oleh James L. Gibson dkk. Analisis rasio efektivitas sebelum digitalisasi (2016-2018) menunjukkan capaian pada kategori efektif hingga sangat efektif meskipun masih bergantung pada segmen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan metode konvensional. Setelah digitalisasi (2019-2023), penghimpunan dana zakat di BAZNAS Provinsi Jawa Barat secara keseluruhan berada pada kriteria efektifhingga sangat efektif. Penerapan digitalisasi ini terbukti meningkatkan jumlah dana terhimpun, memperluas jangkauan muzaki, mempercepat proses transaksi, meningkatkan transparansi, serta mempermudah akses pembayaran zakat melalui berbagai kanal daring, seperti website, aplikasi mobile, mobile banking, e-commerce, dan platform crowdfunding. Selain itu, Penerapan digitalisasi zakat berdampak positif pada pencapaian target penghimpunan dana zakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Digitalisasi; Efektivitas; Penghimpunan Dana; BAZNAS
Subjects: Islam > Islam and Economics
Culture and Institutions > Economic Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: nadira najah s
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:21
Last Modified: 16 Sep 2025 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120017

Actions (login required)

View Item View Item