Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Sukawening Garut

Firmansyah, Sani Rizki (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Sukawening Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penomena kurikulum 2013 yang disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP, dimanasasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran kurikulum PAI dan budi pekerti adalah menyiapkan para lulusan untuk menguasi kompetensi dasar pendidikan agama islam sesuai deangan satuan pendidikan yang di anutny. Maka oleh karena itu kurikulum 2013 menuntut guru beserta jajaran sekolah untuk mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat menstimulus peserta didik untuk belajar aktif agar peserta didik mencapai ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1). Implementasi kurikulum 2013 mapel PAI dan budi pekerti. (2). Respon guru dan peserta didik terhadap implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran mapel PAI dan budi pekerti, (3), Hasil Implementasi kurikulum 2013 (4). Faktor penghambat dan pendukung implementasi kurikulum 2013 mapel PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Sukawening Garut. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini dimana dalam implementasi kurikulum 2013 yang berawal KTSP yang dikembangkan menjadi kurikulum 2013, yang menjajikan bahwasanya akan lahir generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter maka kebijakan kepala sekolah, dan guru harus saling mempengaruhi terhadap stimulus peserta didik. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif analisis dengan pendekatankualitatif, objek penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sukawening Garut. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah implementasi kurikulum 2013 mapel PAI dan Budi pekerti di SMP N 1 Sukawening secara umum berjalan dengan baik, dalam melaksanakan kurikulum 2013 mulai dari pelaksanaan sampai evaluasi. Selain itu adapun respon yang positif dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP N 1 Sukawening adalah tersedianya buku paket yang memadai, kurikulum 2013 menjadikan peserta didik menjadi berfikir logis dan kreatif. Selain itu ada juga respon negatif dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan budi pekerti yaitu, tidak tersedianya LKS mata pelajaran PAI dan Budi pekerti. Hasil yang di peroleh dari implementasi kurikulum 2013 mapel PAI dan Budi Pekerti mulai dari ranah Sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik rata-rat nilai tertinggi 85. Selain yang di atas disebutkan ada juga faktor pendukung dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yaitu, Guru Pai di SMP N 1 Sukawening asli jurusan PAI, Guru PAI dan budi pekerti sudah melaksanakan BIMTEK, tersedianya buku guru dan buku bagi peserta didik. Ada juga faktor penghambatnya yaitu, pemahaman kurikukulum 2013 masih kurang, sistem penilaian nya yang rumit dan banyaknya administrasi yang harus dikumpulkan oleh seorang guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013;Pendidikan Agama Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sani Rizki Firmansyah
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:02
Last Modified: 30 Jul 2018 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item