Maharani, Nadya Luthvi (2025) Aktivitas Marketing Public Relations dalam membangun citra positif Jatinangor National Park (Jans Park). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (324kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Marketing Public Relations merupakan perpaduan antara pemasaran dan hubungan masyarakat yang berfungsi untuk mencapai tujuan komunikasi perusahaan secara strategis. Seiring perkembangan industri pariwisata dan meningkatnya persaingan destinasi rekreasi, penerapan strategi Marketing Public Relations menjadi semakin penting, termasuk bagi Jatinangor National Park (Jans Park). Jans Park melalui penerapan MPR tidak hanya berusaha memperkenalkan wisatanya, tetapi turut membangun hubungan baik dengan publik melalui citra merek yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Positif Jatinangor National Park (Jans Park). Fokus pada penelitian ini meliputi tiga aktivitas utama, yaitu penyampaian informasi, promosi dan keterlibatan, dan pengembangan identitas. Peneliti menggunakan konsep Major Tools in MPR yang dikemukakan oleh Philip Koetler & Kevin Lane Keller (2016) sebagai kerangka analisis. Konsep ini terdiri dari tujuh kegiatan utama yaitu Publications, News, Speech, Event, Sponsorship, Public Service Activity, dan Identity Media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara rinci hasil penelitiannya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tim Marketing Jans Park, observasi pasif terhadap kanal digital resmi Jans Park, serta dokumentasi aktivitas di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jans Park dalam membangun citra positifnya melakukan aktivitas Marketing Public Relations, melalui tiga aktivitas utama meliputi: Pertama, penyampaian informasi berfokus di media sosial dan cetak, kolaborasi dengan media lokal, influencer, dan asosiasi. Kedua, promosi dan keterlibatan dilakukan melalui berbagai acara budaya, perayaan hari besar, dan kegiatan sosial, dan Ketiga identitas media Jans Park diperkuat dengan logo resmi dan warna-warna khas yang mencolok. Secara keseluruhan, Jans Park melalui Marketing Public Relations-nya menekankan pMarketing Public Relations merupakan perpaduan antara pemasaran dan hubungan masyarakat yang berfungsi untuk mencapai tujuan komunikasi perusahaan secara strategis. Seiring perkembangan industri pariwisata dan meningkatnya persaingan destinasi rekreasi, penerapan strategi Marketing Public Relations menjadi semakin penting, termasuk bagi Jatinangor National Park (Jans Park). Jans Park melalui penerapan MPR tidak hanya berusaha memperkenalkan wisatanya, tetapi turut membangun hubungan baik dengan publik melalui citra merek yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Positif Jatinangor National Park (Jans Park). Fokus pada penelitian ini meliputi tiga aktivitas utama, yaitu penyampaian informasi, promosi dan keterlibatan, dan pengembangan identitas. Peneliti menggunakan konsep Major Tools in MPR yang dikemukakan oleh Philip Koetler & Kevin Lane Keller (2016) sebagai kerangka analisis. Konsep ini terdiri dari tujuh kegiatan utama yaitu Publications, News, Speech, Event, Sponsorship, Public Service Activity, dan Identity Media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara rinci hasil penelitiannya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tim Marketing Jans Park, observasi pasif terhadap kanal digital resmi Jans Park, serta dokumentasi aktivitas di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jans Park dalam membangun citra positifnya melakukan aktivitas Marketing Public Relations, melalui tiga aktivitas utama meliputi: Pertama, penyampaian informasi berfokus di media sosial dan cetak, kolaborasi dengan media lokal, influencer, dan asosiasi. Kedua, promosi dan keterlibatan dilakukan melalui berbagai acara budaya, perayaan hari besar, dan kegiatan sosial, dan Ketiga identitas media Jans Park diperkuat dengan logo resmi dan warna-warna khas yang mencolok. Secara keseluruhan, Jans Park melalui Marketing Public Relations-nya menekankan pelaksanaan komunikasi efektif dengan penyampaian informasi yang terarah. Upaya ini juga didukung dengan keterlibatan dalam berbagai acara dan pengembangan identitas media guna membangun hubungan baik dengan publik serta citra merek yang positif. elaksanaan komunikasi efektif dengan penyampaian informasi yang terarah. Upaya ini juga didukung dengan keterlibatan dalam berbagai acara dan pengembangan identitas media guna membangun hubungan baik dengan publik serta citra merek yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Public Relations; Citra Positif; Major Tools in MPR; Jans Park |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia General Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Nadya Luthvi Maharani |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |