Strategi humas dalam membangun reputasi Dinas Perhubungan Kota Bandung melalui program Ramah Disabilitas

Gunawan, Rafli Firmansyah (2025) Strategi humas dalam membangun reputasi Dinas Perhubungan Kota Bandung melalui program Ramah Disabilitas. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4_daftarisi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
5_bab1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Perhubungan Kota Bandung Melalui Program Ramah Disabilitas. Strategi public relations merupakan rencana atau cara yang digunakan untuk membangun hubungan baik dan reputasi positif antara sebuah organisasi dengan publiknya. Meningkatnya tuntutan publik akan layanan transportasi yang inklusif mendorong Dinas Perhubungan Kota Bandung merancang strategi melalui Program Ramah Disabilitas untuk mempertahankan reputasi institusi. Program ini menjadi sarana strategis dalam menjaga dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam membangun reputasi institusi melalui Program Ramah Disabilitas sebagai upaya mewujudkan transportasi publik yang inklusif dan aksesibel. Analisis dilakukan dengan meninjau tujuan jangka panjang lembaga, budaya organisasi yang mendukung inklusivitas, serta upaya pencitraan positif di mata publik, menggunakan model VCI (Vision, Culture, Image) dari Margaret J. Hatch dan Majken Schultz pada tahun (2003) untuk memahami keterkaitan visi, budaya, dan citra dalam membentuk reputasi yang berkelanjutan. Penelitian ini berlandaskan pada paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif terhadap temuan di lapangan. Data dikumpulkan melalui teknik observasi partisipatif pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam membangun reputasi melalui program disabilitas melalui tiga elemen, yaitu : 1) Visi (Vision) berfokus pada integrasi visi inklusivitas dalam sarana dan prasarana strategi serta strategi komunikasi visi inklusif melalui pendekatan multikanal dan partisipatif, 2) Budaya (Culture) berfokus pada kolaborasi lintas bidang sebagai budaya kerja yang mendukung implementasi program dan budaya partisipatif sebagai wujud nilai inklusivitas, 3) Citra (Image) berfokus pada strategi meningkatkan kepercayaan publik melalui komunikasi dua transparansi sebagai upaya meningkatkan kepercayaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Perhubungan Kota Bandung melalui program ramah disabilitas dapat menjaga dan membangun reputasi postif di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reputasi Positif; Public Relations; Ramah Disabilitas; Dinas Perhubungan Kota Bandung
Subjects: Humankind
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Administration of Economy > Departments of Transportation
Area Planning > Plans for Transportation Facilities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rafli Firmansyah Gunawan
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:07
Last Modified: 16 Sep 2025 04:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120200

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item