Iskandar, Muhamad Nur (2025) Pengembangan E-Modul berbantuan aplikasi Mathdf berbasis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbantuan aplikasi MathDF yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMKN 7 Bandung. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas yang tinggi, dengan rata-rata skor validitas dari ahli media dan ahli materi masing-masing yang tergolong dalam kategori "Sangat Valid". Uji efektivitas e-modul menunjukkan bahwa peserta didik pada uji coba skala kecil dan pada uji coba skala besar berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), dengan rata-rata keseluruhan mencapai yang menunjukkan bahwa e-modul ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Selain itu, hasil angket kepraktisan menunjukkan bahwa e-modul memperoleh skor praktikalitas pada skala kecil dan pada skala besar, yang termasuk dalam kategori "Sangat Praktis". Dengan demikian, e-modul matematika berbantuan aplikasi MathDF terbukti valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul; aplikasi mathdf; pemahaman konsep; matematika; |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhamad Nur Iskandar |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:18 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |