Pengembangan E-Modul berbantuan aplikasi Mathdf berbasis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik

Iskandar, Muhamad Nur (2025) Pengembangan E-Modul berbantuan aplikasi Mathdf berbasis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul matematika berbantuan aplikasi MathDF yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMKN 7 Bandung. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas yang tinggi, dengan rata-rata skor validitas dari ahli media dan ahli materi masing-masing yang tergolong dalam kategori "Sangat Valid". Uji efektivitas e-modul menunjukkan bahwa peserta didik pada uji coba skala kecil dan pada uji coba skala besar berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), dengan rata-rata keseluruhan mencapai yang menunjukkan bahwa e-modul ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Selain itu, hasil angket kepraktisan menunjukkan bahwa e-modul memperoleh skor praktikalitas pada skala kecil dan pada skala besar, yang termasuk dalam kategori "Sangat Praktis". Dengan demikian, e-modul matematika berbantuan aplikasi MathDF terbukti valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul; aplikasi mathdf; pemahaman konsep; matematika;
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhamad Nur Iskandar
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:18
Last Modified: 17 Sep 2025 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120266

Actions (login required)

View Item View Item