Project Based Learning pada pengolahan sampah organik menggunakan Larva Hermentia Illucens untuk meningkatkan literasi lingkungan dan kewirausahaan

Adawiyah, Yasfi Robiatul (2025) Project Based Learning pada pengolahan sampah organik menggunakan Larva Hermentia Illucens untuk meningkatkan literasi lingkungan dan kewirausahaan. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_bebasplagiarsm.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sampah organik di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan aktivitas manusia. Salah satu solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi permasalahan ini adalah melalui pengolahan sampah organik menggunakan larva Hermentia illucens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan literasi lingkungan dan literasi kewirausahaan peserta didik melalui proyek pengolahan sampah organik berbasis larva Hermentia illucens. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kelas X 2 di MA YPPA Cipulus Purwakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, Student Activity Sheet (SAS), pretest dan posttest,. Analisis data dilakukan dengan uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test melalui perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat ajar PJBL yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan rata-rata skor validasi sebesar 86,51 % dari tiga validator. Keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan peningkatan dari pertemuan ke pertemuan, dengan capaian indikator pembelajaran melebihi 90% pada pertemuan ke-3. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest literasi lingkungan (Z = -4.954, Sig. = 0.000 < 0.05) dan literasi kewirausahaan (Z = -4.956, Sig. = 0.000 < 0.05). Nilai N-Gain literasi lingkungan sebesar 0,69 (kategori sedang tinggi) dan literasi kewirausahaan sebesar 0,73 (kategori tinggi), menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik secara signifikan setelah diterapkan model pembelajaran PJBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hermentia illucens; literasi kewirausahaan; literasi lingkungan; PJBL; pengolahan sampah organik.
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yasfi robiatul adawiyah
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:12
Last Modified: 17 Sep 2025 08:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120351

Actions (login required)

View Item View Item