Mufrodi, Udi (2025) Penggunaan metode Drill and Practice berbantu media teka teki silang untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN .pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI- BP) yang disebabkan metode pembelajaran monoton dan kurangnya penggunaan media interaktif. Kondisi ini membuat siswa cenderung pasif, mudah jenuh, dan kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi dan antusiasme siswa, salah satunya melalui penerapan metode Drill and Practice berbantu media Teka-teki Silang (TTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Metode Drill and Practice berbantu media TTS pada mata pelajaran PAI-BP, mengukur minat belajar siswa dalam penggunaannya, serta menganalisis pengaruhnya terhadap peningkatan minat belajar siswa. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada teori belajar kognitif dan konstruktivisme, yang menekankan pentingnya latihan berulang untuk memperkuat pemahaman serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh signifikan penerapan metode Drill and Practice berbantu media TTS terhadap peningkatan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode Drill and Practice berbantu media TTS dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar yang dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, dan uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar yang signifikan pada kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata angket meningkat dari 65,21 pada pretest menjadi 82,47 pada posttest, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 64,89 menjadi 71,14. Nilai N-Gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,57 (kategori sedang) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,22 (kategori rendah). Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, penerapan metode Drill and Practice berbantu media Teka-teki Silang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill And Practice;Berbantu Media Teka Teki Silang |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education Education > Sociology of Education Education > Statistic of Education Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | udi mufrodi |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:28 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |