Pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Satria, Muhamad (2025) Pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_suratpernyataankeaslian.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI-2 di SMA Negeri Cimanggung. Tujuan penelitian meliputi (1) mengetahui kelayakan modul, (2) menilai keterlaksanaan pembelajaran, dan (3) menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah pembelajaran. Hasil validasi ahli media dan materi menunjukkan nilai Aiken’s V sebesar 0,93 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan aktivitas guru sebesar 87,8% (sangat baik) dan peserta didik sebesar 85,3% (baik), dengan koefisien kesepakatan masing-masing 0,72 dan 0,73 (kategori bagus). Nilai N-Gain sebesar 0,73 menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kategori tinggi. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Modul ini terbukti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: App Inventor; Discovery Learning; Gelombang Bunyi; Keterampilan Berpikir Kritis; Modul Elektronik.
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhamad Satria
Date Deposited: 17 Sep 2025 00:18
Last Modified: 17 Sep 2025 00:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120405

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item