Satria, Muhamad (2025) Pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_suratpernyataankeaslian.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI-2 di SMA Negeri Cimanggung. Tujuan penelitian meliputi (1) mengetahui kelayakan modul, (2) menilai keterlaksanaan pembelajaran, dan (3) menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah pembelajaran. Hasil validasi ahli media dan materi menunjukkan nilai Aiken’s V sebesar 0,93 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan aktivitas guru sebesar 87,8% (sangat baik) dan peserta didik sebesar 85,3% (baik), dengan koefisien kesepakatan masing-masing 0,72 dan 0,73 (kategori bagus). Nilai N-Gain sebesar 0,73 menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kategori tinggi. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Modul ini terbukti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | App Inventor; Discovery Learning; Gelombang Bunyi; Keterampilan Berpikir Kritis; Modul Elektronik. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhamad Satria |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 00:18 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 00:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120405 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan modul elektronik berbasis App Inventor berbantuan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. (deposited 17 Sep 2025 00:18) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |