Laraswati, Indah (2025) Hubungan kepemimpinan visioner kepala madrasah dengan pengembangan karakter disiplin siswa: Penelitian pada siswa di MAN se-Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
Abstract
Seorang pemimpin visioner dapat memiliki pengaruh yang jelas dalam mengarahkan masa depan orang-orang yang mereka pimpin. Peran pemimpin visioner di lingkungan madrasah dapat menciptakan madrasah yang dapat membawa madrasah ke masa depan yang lebih fokus dan jelas sehingga korelasi pemimpin visioner akan berdampak pada keberadaan budaya madrasah yang berkarakter salah satunya karakter disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kepemimpinan visioner kepala madrasah di MAN se-Kab. Bandung, 2) pengembangan karakter disiplin siswa di MAN se-Kab. Bandung, 3) hubungan kepemimpinan visioner kepala madrasah dengan pengembangan karakter didiplin siswa di MAN se-Kab. Bandung. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga jumlah siswa yang akan dilibatkan dalam penelitian sebagai sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan bentuk pilihan skor skala likert yakni 4 alternatif jawaban dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Kemudian teknik analaisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), uji korelasi, dan uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kepemimpinan visioner kepala madrasah dengan karakter disiplin siswa di MAN se-Kab. Bandung memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,020<0,05. Kemudian berdasarkan hasil penghitungan analisis koefisien korelasi 0,238. Terdapat pada tingkat kekuatan yang rendah, karena berada pada rentang interval 0,20–0,39. Adapun jenis hubungan variabel kepemimpinan visioner kepala madrasah dengan karakter disiplin siswa mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,238 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi kepemimpinan visionernya maka semakin tinggi pula karakter disiplin siswanya. Kemudian diperoleh koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0,057 bermakna bahwa kontribusi variabel kepemimpinan visioner kepala madrasah terhadap karakter disiplin siswa adalah 5,7%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpian Visioner; Karakter Disiplin |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Social Process > Leadership Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Laraswati |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |