Pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa pada materi perubahan lingkungan

Miraj, Arif Muhammad (2025) Pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut siswa memiliki berbagai keterampilan, salah satunya keterampilan berargumentasi sebagai wujud aktualisasi pembelajaran abad ke-21 yang penting dikembangkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling melibatkan siswa kelas X di MAN 1 Cianjur pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, soal keterampilan berargumentasi, dan angket respon. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terlaksana sangat baik dengan rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 89.5% dan aktivitas siswa 88.9%. Baiknya kualitas pembelajaran direspon baik oleh siswa yang memperoleh persentase sebesar 83,3%. Hasil keterampilan berargumentasi siswa kelas eksperimen memperoleh N-gain sebesar 0.54 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh N-gain 0.29 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig.2-tailed (0.00) < 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Diperkuat dengan nilai Effect Size sebesar 1,3 (sangat tinggi). Berdasarkan data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) berpengaruh positif terhadap keterampilan berargumentasi siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Argument-Driven Inquiry; Socio-Scientific Issues; Keterampilan berargumentasi; perubahan lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Arif Muhammad Miraj
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:37
Last Modified: 18 Sep 2025 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120669

Actions (login required)

View Item View Item