Pengembangan modul elektronik menggunakan Unity berbasis model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor

Nirmala, Fadilla Cahya (2025) Pengembangan modul elektronik menggunakan Unity berbasis model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarkeasliankaryailmiah.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan modul elektronik berbantuan Unity , 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbantuan Unity dan 3) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Bina Negara 1 Baleendah. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik kelas XI.A dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis meliputi uji Gregory, analisis keterlaksanaan pembelajaran, perhitungan N-gain, dan uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik yang dikembangkan sangat layak dengan indeks Gregory sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran mencapai 85,56% termasuk kategori baik untuk aktivitas guru dan untuk aktivitas peserta didik 82,30% termasuk kategori baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang, yang berarti adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik Unity. Kesimpulan yang didapatkan bahwa modul elektronik berbantuan Unity dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor dan dapat diimplementasikan sebagai alternatif media pembelajaran interaktif di sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; modul elektronik; suhu dan kalor; Unity
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fadilla Cahya Nirmala
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:11
Last Modified: 18 Sep 2025 06:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120684

Actions (login required)

View Item View Item