Perbandingan model Modified Free Inquiry dengan model Guided Inquiry berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatan keterampilan berpikir komputasional peserta didik pada materi momentum dan impuls

Rustiani, Eka Astria (2025) Perbandingan model Modified Free Inquiry dengan model Guided Inquiry berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatan keterampilan berpikir komputasional peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarkeasliankaryailmiah.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir komputasional peserta didik setelah diterapkan model Modified Free Inquiry berbantuan aplikasi Phyphox dengan model Guided Inquiry berbantuan aplikasi Phyphox pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan ialah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group berupa dua kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan kelas eksperimen I terdiri dari 35 peserta didik kelas XI 1 dan kelas eksperimen II terdiri dari 33 peserta didik kelas XI 2. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran model Modified Free Inquiry mendapatkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas peserta didik sebesar 91%. Keterlaksanaan pembelajaran pada model Guided Inquiry mendapatkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 96% dan aktivitas peserta didik sebesar 93%, pada kedua model tersebut termasuk kategori baik sekali. Peningkatan keterampilan berpikir komputasional pada kelas eksperimen I memperoleh N-Gain sebesar 0,66 dan kelas eksperimen II sebesar 0,59. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independet sample t-test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,038 < 0,05, maka terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir komputasional peserta didik antara menggunakan model modified free inquiry dengan menggunakan model guided inquiry pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry; Keterampilan Berpikir Komputasional; Modified Free Inquiry; Momentum dan Impuls; Phyphox
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Eka Astria Rustiani
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:47
Last Modified: 18 Sep 2025 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120701

Actions (login required)

View Item View Item