Rahmawati, Riska (2025) Aktivitas Customer Relationship Management Kafe Kumu Ground sebagai Communal Space di Tebet. Sarjana thesis, UIN Sunana Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (405kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Industri kafe di Jakarta yang kompetitif menuntut strategi komunikasi efektif untuk membangun citra positif, loyalitas, dan keterikatan pelanggan. Kumu Ground, kafe sekaligus ruang komunal di Tebet, berbasis model IDIC (Identify, Differentiate, Interact, Customize) sebagai upaya public relations untuk memahami kebutuhan komunitas, menciptakan interaksi yang bermakna, serta menyesuaikan layanan, sehingga mampu memperkuat reputasi sekaligus memposisikan diri sebagai ruang komunal yang mendukung aktivitas sosial dan kreatif, bukan sekadar tempat makan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana aktivitas customer relationship management dijalankan oleh tim Kafe Kumu Ground sebagai communal space dengan menggunakan pendekatan model IDIC (Identify, Differentiate, Interact, Customize) yang dikemukakan oleh Peppers dan Rogers. Penelitian ini berupaya memberikan gambaran mengenai bagaimana Kumu Ground mengidentifikasi karakteristik serta kebutuhan pelanggan, membedakan segmen komunitas yang beragam, membangun interaksi yang efektif melalui kegiatan maupun media sosial, serta menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengelola Kumu Ground, observasi partisipatif pasif terhadap aktivitas customer relations yang dilakukan oleh tim Kumu Ground dengan pelanggan, terutama komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses identify dilakukan melalui observasi terhadap karakteristik dan kebutuhan komunitas. Pada tahap differentiate, Kumu Ground membedakan pelanggan berdasarkan jenis dan frekuensi kunjungan untuk menyusun strategi layanan yang sesuai. Tahap interact diwujudkan melalui komunikasi aktif baik secara langsung maupun melalui media sosial, sedangkan customize diwujudkan dalam bentuk penyesuaian ruang dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan komunitas pengguna. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dketahui bahwa penerapan strategi customer relationship management berbasis IDIC di Kafe Kumu Ground mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal, membangun keterikatan emosional, dan memperkuat peran kafe sebagai ruang komunitas yang adaptif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management; Kafe; Communal Space; IDIC Model; Customer Relation |
Subjects: | Communities > Socialist Communities Public Performances > Management of Public Performances |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | riska r rahma |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |