Yahya, Hasna Alifana (2025) Peningkatan literasi nutrisi siswa menggunakan model PjBL berbasis Etno-STREAM (Science-Technology-Religion-Engineering-Art-Mathematics) pada pembuatan permen susu pangalengan rendah kalori. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARISME)
3_SKbebasplagiarisme.pdf Download (428kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran (324).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi nutrisi penting agar siswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan pengetahuan gizi dalam kehidupan sehari-hari, terutama terkait konsumsi gula berlebih dan dampaknya pada sistem pencernaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan literasi nutrisi melalui pendekatan Etno-STREAM pada pembuatan permen susu Pangalengan rendah kalori. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group pada kelas XI A1 dan XI A2 (64 siswa) menggunakan purposive sampling. Aktivitas guru dan siswa terlaksana sangat baik dengan rata-rata 93%. Peningkatan literasi nutrisi kelas eksperimen mencapai N-gain 0,64 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,23 (kategori rendah). Indikator tertinggi pada kedua kelas adalah Interactive Nutrition Literacy (INL), dengan capaian 0,69 (sedang) di kelas eksperimen dan 0,25 (rendah) di kelas kontrol. Uji hipotesis menunjukkan p < 0,001 sehingga H₀ ditolak. Produk permen rendah kalori yang dihasilkan kelas eksperimen lebih unggul (66,7% Sangat Baik; 33,3% Baik) dibanding kontrol. Refleksi siswa juga positif, dengan aspek Fact 74,1% Sangat Baik, Feeling 51,6% Sangat Baik, Finding 54,8% Baik, dan Future 32,2% Baik. Dengan demikian, PjBL berbasis Etno-STREAM terbukti efektif meningkatkan literasi nutrisi siswa secara kontekstual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Nutrisi, PjBL, Etno-STREAM, Permen Susu Rendah Kalori. |
Subjects: | Education, Research Education Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Hasna Alifana Yahya |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:31 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |