Peningkatan literasi nutrisi siswa menggunakan model PjBL berbasis Etno-STREAM (Science-Technology-Religion-Engineering-Art-Mathematics) pada pembuatan permen susu pangalengan rendah kalori

Yahya, Hasna Alifana (2025) Peningkatan literasi nutrisi siswa menggunakan model PjBL berbasis Etno-STREAM (Science-Technology-Religion-Engineering-Art-Mathematics) pada pembuatan permen susu pangalengan rendah kalori. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
7_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISME)
3_SKbebasplagiarisme.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
8_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran (324).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Literasi nutrisi penting agar siswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan pengetahuan gizi dalam kehidupan sehari-hari, terutama terkait konsumsi gula berlebih dan dampaknya pada sistem pencernaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan literasi nutrisi melalui pendekatan Etno-STREAM pada pembuatan permen susu Pangalengan rendah kalori. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group pada kelas XI A1 dan XI A2 (64 siswa) menggunakan purposive sampling. Aktivitas guru dan siswa terlaksana sangat baik dengan rata-rata 93%. Peningkatan literasi nutrisi kelas eksperimen mencapai N-gain 0,64 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,23 (kategori rendah). Indikator tertinggi pada kedua kelas adalah Interactive Nutrition Literacy (INL), dengan capaian 0,69 (sedang) di kelas eksperimen dan 0,25 (rendah) di kelas kontrol. Uji hipotesis menunjukkan p < 0,001 sehingga H₀ ditolak. Produk permen rendah kalori yang dihasilkan kelas eksperimen lebih unggul (66,7% Sangat Baik; 33,3% Baik) dibanding kontrol. Refleksi siswa juga positif, dengan aspek Fact 74,1% Sangat Baik, Feeling 51,6% Sangat Baik, Finding 54,8% Baik, dan Future 32,2% Baik. Dengan demikian, PjBL berbasis Etno-STREAM terbukti efektif meningkatkan literasi nutrisi siswa secara kontekstual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Nutrisi, PjBL, Etno-STREAM, Permen Susu Rendah Kalori.
Subjects: Education, Research
Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Hasna Alifana Yahya
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:31
Last Modified: 19 Sep 2025 07:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120748

Actions (login required)

View Item View Item