Muawani, Rafirda Fitri (2025) Pengembangan E-Modul fisika berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarime.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (34MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi digital mendorong terciptanya e-modul berbasis Articulate Storyline yang menyajikan materi fisika secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan e-modul ini. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-1-IPA di SMA Banjar Asri. Instrumen penelitian meliputi validasi ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran untuk pengembangan media, keterlaksanaan pembelajarannya lembar observasi, serta tes soal keterampilan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’s V, perhitungan observasi, uji N-Gain, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak dengan indeks validitas > 0,81, keterlaksanaan pembelajaran mencapai 97% oleh guru dan 93,1% oleh peserta didik dengan dengan koefisien kesepakatan masing-masing sebesar 0,89 dan 0,90. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik tergolong tinggi, dengan nilai N-Gain sebesar 0,73. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang menunjukkan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Dengan demikian, e-modul berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline; E-modul; Keterampilan Pemecahan Masalah; Model PBL |
Subjects: | Adult Education Adult Education > Adult Education in Indonesia Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rafirda Fitri M Firda |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 04:08 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |