Penerapan Problem Based Learning berbantu Media Poster untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih : Penelitian pada Siswa Kelas VIIB MTs Ar-Rosyidiah Kota Bandung

Ratika, Inne (2025) Penerapan Problem Based Learning berbantu Media Poster untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih : Penelitian pada Siswa Kelas VIIB MTs Ar-Rosyidiah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover .pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih, yang ditandai dengan kurangnya partisipasi, antusiasme, dan interaksi selama proses pembelajaran. Kondisi ini diduga disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan belum mampu memicu keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media poster pada mata pelajaran Fikih di kelas VII B MTs Ar-Rosyidiyah, (2) aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model PBL berbantu media poster, serta (3) peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model tersebut. Penelitian ini berlandaskan pada teori konstruktivisme yang menekankan bahwa pengetahuan dibangun melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial, serta teori motivasi belajar yang menjelaskan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Model PBL dipilih karena mampu mendorong siswa berpikir kritis, bekerja sama, dan memecahkan masalah secara kontekstual, sedangkan media poster berfungsi sebagai alat bantu visual yang memperjelas materi dan meningkatkan daya tarik pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah yang dibagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbantu media poster terlaksana dengan baik sesuai langkah modul ajar. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen meningkat dari rata-rata 64,50 menjadi 81,10, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 82,44 menjadi 83,22. Peningkatan aktivitas belajar siswa diukur menggunakan N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang) pada kelas eksperimen dan 0,22 (kategori rendah) pada kelas kontrol. Uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga hipotesis penelitian (H₁) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak. Artinya, terdapat perbedaan signifikan keaktifan belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL berbantu media poster lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan PBL berbantu LKS pada mata pelajaran Fikih materi puasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL); Media Poster; Aktivitas Belajar
Subjects: Islam > Salat
Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: inne ratika rati
Date Deposited: 18 Sep 2025 16:06
Last Modified: 18 Sep 2025 16:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120795

Actions (login required)

View Item View Item