Penerapan metode pembelajaran Treasure Hunt dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasari Bandung

Azzahro, Fatimah (2025) Penerapan metode pembelajaran Treasure Hunt dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasari Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN KARYA SENDIRI (1).pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi kontribusi ilmuwan Muslim masa Bani Abbasiyah. Pembelajaran yang bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif menjadi salah satu penyebab kurangnya pemahaman materi. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran inovatif yang dapat menumbuhkan partisipasi aktif siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Treasure Hunt sebagai strategi pembelajaran yang aktif, kolaboratif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) penerapan metode Treasure Hunt pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Arjasari Bandung; (2) hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Treasure Hunt; dan (3) pengaruh penerapan metode Treasure Hunt terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini membandingkan dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan metode Treasure Hunt dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda pada tahap pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa di kedua kelas. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penerapan metode Treasure Hunt berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest with non-equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 63,23 meningkat menjadi 80,65 pada post-test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,47 tergolong kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Treasure Hunt efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Arjasari Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelanaran; Treasure Hunt; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Azzahro
Date Deposited: 21 Sep 2025 22:45
Last Modified: 21 Sep 2025 22:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121117

Actions (login required)

View Item View Item