Azzahro, Fatimah (2025) Penerapan metode pembelajaran Treasure Hunt dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasari Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN KARYA SENDIRI (1).pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi kontribusi ilmuwan Muslim masa Bani Abbasiyah. Pembelajaran yang bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif menjadi salah satu penyebab kurangnya pemahaman materi. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran inovatif yang dapat menumbuhkan partisipasi aktif siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Treasure Hunt sebagai strategi pembelajaran yang aktif, kolaboratif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) penerapan metode Treasure Hunt pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 1 Arjasari Bandung; (2) hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Treasure Hunt; dan (3) pengaruh penerapan metode Treasure Hunt terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini membandingkan dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan metode Treasure Hunt dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda pada tahap pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa di kedua kelas. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penerapan metode Treasure Hunt berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest with non-equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 63,23 meningkat menjadi 80,65 pada post-test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,47 tergolong kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Treasure Hunt efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Arjasari Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelanaran; Treasure Hunt; PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatimah Azzahro |
Date Deposited: | 21 Sep 2025 22:45 |
Last Modified: | 21 Sep 2025 22:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |