Nurrofa, Via Aprilia (2025) Perbandingan model pembelajaran RADEC dan PJBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Pelestarian Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (343kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Penelitian_Via Aprilia Nurrofa.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi, khususnya pada materi pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) dan Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel 50 peserta didik kelas VII yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen 1 menggunakan model RADEC dan kelompok eksperimen 2 menggunakan model PJBL. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran melalui aktivitas guru dan peserta didik, tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan enam indikator FRISCO menurut Ennis (2009), serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kedua model, dengan N-Gain RADEC sebesar 0,32 (kategori sedang) dan N-Gain PJBL sebesar 0,44 (kategori sedang), serta hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig. 0,007 < 0,05. Respon peserta didik terhadap pembelajaran juga sangat baik, yaitu 84% (sangat baik) pada kelas RADEC dan 90% (sangat baik) pada kelas PJBL. Temuan ini menunjukkan bahwa baik RADEC maupun PJBL efektif digunakan dalam pembelajaran biologi, namun model PJBL yang bersifat kontekstual dan kolaboratif memberikan kontribusi lebih optimal dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir kritis; RADEC; PJBL; Pelestarian Lingkungan |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Via Aprilia Nurrofa |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 04:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |