Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu aplikasi Canva terhadap peningkatan hasil belajar: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung

Ilhamsyah, Ruben Altama (2025) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu aplikasi Canva terhadap peningkatan hasil belajar: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Triyasa Kota Bandung menjadi latar belakang penelitian ini. Proses pembelajaran yang masih dominan menggunakan metode ceramah membuat siswa kurang aktif, kurang termotivasi, dan sering kehilangan konsentrasi. Hasil observasi awal menunjukkan 55,5% siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung memperoleh nilai rata-rata kurang dari nilai KKM. Kondisi ini mendorong perlunya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa, salah satunya dengan menggabungkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media canva. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu aplikasi canva pada pembelajaran PAI, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model tersebut. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD merupakan bentuk pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan mudah diterapkan. Dalam metode ini, siswa dibagi ke dalam kelompok belajar beranggotakan empat orang. Sementara itu, Canva merupakan aplikasi berbasis daring dengan keberagaman dan daya tarik desain yang disajikan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih dinamis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah 66 siswa kelas XI yang dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing 33 siswa pada kelas eksperimen dan 33 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, dengan analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, hipotesis, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 75 dan meningkat menjadi 80 pada posttest, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 69 menjadi 75. Nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 89,11 (sangat tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0,89 (Tinggi). Uji-t menunjukkan thitung 4,156 > ttabel 2000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu aplikasi canva terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD); Canva; Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruben Altama Ilhamsyah
Date Deposited: 20 Sep 2025 05:21
Last Modified: 20 Sep 2025 05:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121192

Actions (login required)

View Item View Item