Konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home: Penelitian di SMP FK Bina Muda Cicalengka

Meylani, Silvy (2025) Konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home: Penelitian di SMP FK Bina Muda Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Plagiarisme FDK (1).pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena kurangnya motivasi belajar pada siswa broken home menjadi persoalan yang serius di lingkungan sekolah yang harus diperhatikan, karena kondisi keluarga yang tidak utuh seringkali berdampak pada aspek emosional, psikologis, dan akademis siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home yaitu dengan konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi motivasi belajar siswa broken home, proses pelaksanaan konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home, hasil dari konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMP FK Bina Muda. Penelitian ini menggunakan teori motivasi belajar dari Hamzah B. Uno, yang menjelaskan bahwa motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal dalam diri individu untuk mencapai keberhasilan belajar. Sementara itu, teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dari Aaron T. Beck digunakan sebagai pendekatan konseling yang membantu individu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengubah pola pikir negatif menjadi lebih positif, sehingga berdampak pada peningkatan perilaku dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai kondisi, proses, dan hasil dari pelaksanaan konseling individu dengan teknik CBT terhadap siswa broken home. Data yang diperoleh dari satu orang siswa broken home sebagai subjek dan guru BK sebagai informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Siswa mulai menunjukkan perubahan dalam motivasi belajar seperti rajin mengerjakan tugas, terdapat dorongan dalam dirinya sendiri dengan menjadi rajin masuk sekolah, lebih semangat dalam pembelajaran, sehingga mempunyai tujuan dalam belajar untuk masa depan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling; Cognitive Behavior Therapy; Motivasi Belajar; Broken Home
Subjects: Psychology
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Culture and Institutions > Family
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Silvy Meylani
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:18
Last Modified: 22 Sep 2025 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121253

Actions (login required)

View Item View Item