Meylani, Silvy (2025) Konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home: Penelitian di SMP FK Bina Muda Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Plagiarisme FDK (1).pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (263kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena kurangnya motivasi belajar pada siswa broken home menjadi persoalan yang serius di lingkungan sekolah yang harus diperhatikan, karena kondisi keluarga yang tidak utuh seringkali berdampak pada aspek emosional, psikologis, dan akademis siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home yaitu dengan konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi motivasi belajar siswa broken home, proses pelaksanaan konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home, hasil dari konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMP FK Bina Muda. Penelitian ini menggunakan teori motivasi belajar dari Hamzah B. Uno, yang menjelaskan bahwa motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal dalam diri individu untuk mencapai keberhasilan belajar. Sementara itu, teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dari Aaron T. Beck digunakan sebagai pendekatan konseling yang membantu individu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengubah pola pikir negatif menjadi lebih positif, sehingga berdampak pada peningkatan perilaku dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai kondisi, proses, dan hasil dari pelaksanaan konseling individu dengan teknik CBT terhadap siswa broken home. Data yang diperoleh dari satu orang siswa broken home sebagai subjek dan guru BK sebagai informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling individu dengan teknik Cognitive Behavior Therapy terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Siswa mulai menunjukkan perubahan dalam motivasi belajar seperti rajin mengerjakan tugas, terdapat dorongan dalam dirinya sendiri dengan menjadi rajin masuk sekolah, lebih semangat dalam pembelajaran, sehingga mempunyai tujuan dalam belajar untuk masa depan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling; Cognitive Behavior Therapy; Motivasi Belajar; Broken Home |
Subjects: | Psychology Differential and Developmental Psychology > Child Psychology Culture and Institutions > Family Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Silvy Meylani |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:18 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |