Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think, Talk, write untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS

Damayanti, Silvana (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think, Talk, write untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarisme (6).pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V di MI Darussalam, Kota Badung. Hasil observasi dan tes menunjukan bahwasanya siswa masih ragu dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model Think, Talk, Write (TTW) dan Direct Instruction, serta mendeskripsikan proses pembelajaran pada kedua kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think, Talk, Write tidak hanya meningkatkan hasil tes berpikir kritis, tetapi juga mampu mengubah pola interaksi siswa di kelas menjadi lebih partisipatif, kolaboratif, dan berani menyampaikan gagasan. Hal ini menjadi pembeda dengan penelitian terdahulu yang umumnya hanya berfokus pada hasil tes akhir tanpa mengaitkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan proses aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen meningkat dari rata-rata pre-test 66,33 menjadi 82,58 pada posttest, sedangkan kelas kontrol meningkat dari rata-rata pretest 62,61 menjadi 69,91 pada posttest. Keterlaksanaan model pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan bertahap dengan rata-rata presentase mencapai 93% termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik”, sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan keterlaksanaan mencapai presentase 89% termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol, ditunjukan oleh nilai N-Gain p= < 0,001. Kelas eksperimen mencapai efektivitas pembelajaran sebesar 50,29 % yang termasuk ke dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mencapai 21,39% yang termasuk ke dalam kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write terbukti efektif dalam meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe think, talk, write; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran IPAS
Subjects: Education
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvana sisil Damayanti
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:36
Last Modified: 22 Sep 2025 02:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121319

Actions (login required)

View Item View Item