Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan masker wajah alami dari minyak atsiri daun kemangi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Dianty, Dinda Viona Rahma (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan masker wajah alami dari minyak atsiri daun kemangi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih kurang efektif dan pemahaman materi kimia yang kurang mendalam. Mendeskripsikan proses belajar siswa, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kitis siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan masker wajah alami dari minyak atsiri daun kemangi dan menganalisis karakteristis masker wajah dari minyak atsiri daun kemangi yang dihasilkan dengan metode quasi eksperiment one group pretest-posttest pada siswa XI-C SMAN 1 Batujajar. Tahap pembelajaran berbasis proyek meliputi penentuan pertanyaan mendasar, merancang perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau peserta didik dan kemajuan proyek, menilai hasil dan mengevaluasi pengalaman. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas, penilaian lembar kerja, penilaian produk, pretest-posttest, dan penilaian presentasi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan hasil pretest-posttest meningkat serta keterlibatan aktif selama proses pembelajaran dari hasil observasi aktivitas dengan skor rata-rata 88,5 juga pada penilaian lembar kerja kelompok dengan skor rata-rata 86,2. Produk masker yang dihasilkan memenuhi karakteristik yang baik dengan pH rata-rata 5, homogenitas dan uji organoleptik yang baik dan tidak menyebabkan iritasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; minyak atsiri daun kemangi; keterampilan berpikir kritis
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Procedures, Equipment of Chemistry
Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dinda Viona
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:47
Last Modified: 22 Sep 2025 03:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121372

Actions (login required)

View Item View Item