Dianty, Dinda Viona Rahma (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan masker wajah alami dari minyak atsiri daun kemangi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih kurang efektif dan pemahaman materi kimia yang kurang mendalam. Mendeskripsikan proses belajar siswa, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kitis siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan masker wajah alami dari minyak atsiri daun kemangi dan menganalisis karakteristis masker wajah dari minyak atsiri daun kemangi yang dihasilkan dengan metode quasi eksperiment one group pretest-posttest pada siswa XI-C SMAN 1 Batujajar. Tahap pembelajaran berbasis proyek meliputi penentuan pertanyaan mendasar, merancang perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau peserta didik dan kemajuan proyek, menilai hasil dan mengevaluasi pengalaman. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas, penilaian lembar kerja, penilaian produk, pretest-posttest, dan penilaian presentasi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan hasil pretest-posttest meningkat serta keterlibatan aktif selama proses pembelajaran dari hasil observasi aktivitas dengan skor rata-rata 88,5 juga pada penilaian lembar kerja kelompok dengan skor rata-rata 86,2. Produk masker yang dihasilkan memenuhi karakteristik yang baik dengan pH rata-rata 5, homogenitas dan uji organoleptik yang baik dan tidak menyebabkan iritasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; minyak atsiri daun kemangi; keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | Education Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Procedures, Equipment of Chemistry Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dinda Viona |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:47 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |