Fadhila, Salma (2025) Pengembangan video pembelajaran menggunakan Capcut Berbasis model Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (407kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom pada materi suhu dan kalor. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom pada materi suhu dan kalor. Peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diterapkan video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom pada materi suhu dan kalor. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Plus Ulumul Quran Pameungpeuk. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli media, ahli materi, ahli lapangan, lembar observasi, dan soal keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji validitas Gregory, perhitungan observasi, uji N-Gain, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas sebesar 1, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,8% untuk pendidik, dan 89,5% untuk peserta didik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik ditunjukan dengan nilai N-gain sebesar 0,71. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan, dan menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan, tetapi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran; CapCut; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | salma fadhila |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:55 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |