Pengembangan video pembelajaran menggunakan Capcut Berbasis model Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Fadhila, Salma (2025) Pengembangan video pembelajaran menggunakan Capcut Berbasis model Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom pada materi suhu dan kalor. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom pada materi suhu dan kalor. Peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diterapkan video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom pada materi suhu dan kalor. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Plus Ulumul Quran Pameungpeuk. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli media, ahli materi, ahli lapangan, lembar observasi, dan soal keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji validitas Gregory, perhitungan observasi, uji N-Gain, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan koefisien validitas sebesar 1, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,8% untuk pendidik, dan 89,5% untuk peserta didik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik ditunjukan dengan nilai N-gain sebesar 0,71. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan, dan menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Video pembelajaran menggunakan CapCut berbasis model Flipped Classroom yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan, tetapi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran; CapCut; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: salma fadhila
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:55
Last Modified: 22 Sep 2025 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121412

Actions (login required)

View Item View Item