Mutmainah, Raisya Fajriyah (2025) Pembelajaran klasifikasi makhluk hidup melalui model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media jumanji boardgame untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan kolaborasi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_Cover.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_Abstrak.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (SK bebas plagiarisme)
3_SK bebas plagiarisme.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
4_Daftar Isi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
5_Bab 1.pdf Download (365kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 2)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Bab 3)
7_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Bab 4)
8_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Bab 5)
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Lampiran)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan kolaborasi menjadi permasalahan yang guru IPA terkhusus pada materi biologi. Kurangnya keterampilan kolaborasi siswa terlihat dari aktivitas kelompok siswa yang kurang optimal dan berdampak pada penguasaan konsep kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan kolaborasi siswa dengan dan tanpa model TGT berbantu jumanji boardgame pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel 64 peserta didik kelas VII yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dengan model TGT dan kelas kontrol tanpa model TGT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang mencangkup keterlaksanaan pembelajaran melalui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, tes penguasaan konsep berdasarkan taksnomi bloom dan lembar angket penilaian sesama teman keterampilan kolabrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berbantu jumanji boardgame meningkat yang lebih signifikan dengan nilai rata-rata pretest penguasaan konsep sebesar 40,8 dan posttest sebesar 76,8 dengan N-gain sebesar 0,608 (sedang). Keterampilan kolaborasi juga meningkat tiap indikatornya yang paling tinggi pada indikator kerjasama dengan rata-rata skor sebelum pembelajaran sebesar 2,0 (Dasar) meningkat menjadi 3,5 (Terlatih) setelah pembelajaran. Sedangkan pada kelas kontrol nilai pretest penguasaan konsep sebesar 39,3 dan posttest 65,5 dengan N-gain 0,434 (Sedang). pada keterampilan kolaborasi indikator kerjasama rata-rata skor kelas kontrol sebelum pembelajaran 2,5 (Dasar), hanya meningkat setelah pembelajaran menjadi 3,0 (Sedang). Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan kolaborasi dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu jumanji boardgame dengan uji hipotesis mann-whittney diperoleh signifikansi 0.00 < 0.05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Konsep; Keterampilan Kolaborasi; TGT; Jumanji Boardgame; Klasifikasi Makhluk Hidup |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Raisya Fajriyah Mutmainah |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |