Diviyani, Nabila Putri Cinta (2025) Peranan bimbingan kelompok dalam membantu siswa menemukan potensi diri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (PLAGIARISM)
Plagiarisme scan.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada penelitian ini berawal dari observasi awal bahwa masih ada beberapa siswa yang belum bisa menyadari dan mengembangkan potensi yang mereka miliki, sehingga siswa siswa tersebut kebingungan dalam menentukan minat, bakat dan arah pengembangan dari dirinya sendiri. Pendekatan humanistik yang lebih menekankan pada rasa empati, penghargaan terhadap diri, dan penerimaan tanpa syarat dianggap relevan untuk memfasilitasi proses penemuan potensi diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran bimbingan kelompok menggunakan pendekatan humanistik dalam membantu siswa menemukan potensi diri di MTs Al Mansur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Humanistik Abraham Maslow berfokus pada potensi manusia dan kemampuannya untuk mencapai aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa manusia memiliki kebutuhan yang terstruktur dalam hirarki, mulai dari kebutuhan dasar fisiologis hingga kebutuhan tertinggi berupa aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa MTs Al Mansur yang diidentifikasi membutuhkan bantuan dalam menemukan potensi diri. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan humanistik memiliki peran yang cukup baik dalam membantu siswa menemukan potensi diri. Melalui suasana yang kondusif, penerimaan, dan empati yang diberikan dalam kelompok siswa merasa lebih nyaman untuk mengeksplor diri, merefleksikan kekuatan yang dimiliki, serta mulai untuk membangun motivasi agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Meskipun masih ditemukan beberapa siswa yang mengalami kebingungan dalam tahap pengembangan, secara umum pendekatan ini memberikan dampak positif terhadap proses penemuan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok; Pendekatan Humanistik; Potensi Diri |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Nabila NP Cinta |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |