Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) dengan Index Card Match pada Materi Sistem Ekskresi Manusia (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMAN 19 Garut)

Dini Muflihani, Dini (2014) Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) dengan Index Card Match pada Materi Sistem Ekskresi Manusia (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMAN 19 Garut). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pemikiran bahwa dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran biologi memerlukan suatu cara atau strategi pembelajaran yang mengikut sertakan keaktifan siswa. Dalam proses pembelajaran, ketika peserta didik pasif atau hanya menerima dari pengajar, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah diberikan. Oleh sebab itu diperlukan suatu proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) dengan index card match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) dengan strategi pembelajaran aktif tipe index card match serta untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) dengan strategi pembelajaran aktif tipe index card match pada materi sistem eksresi manusia. Metode yang digunakan yaitu metode desain true eksperimen. Desain ini mempunyai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 19 Garut yang berjumlah 4 kelas yang telah diukur homogenitasnya. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan pretest, posttest dan lembar observasi. Dimana pretest dan postest berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok sistem ekskresi manusia yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) memperoleh nilai rata-rata pretest 39,1, postest 71,7 dan N-Gain 0,53 dengan kriteria sedang, sedangkan siswa yang menggunakan strategi index card match memperoleh nilai rata-rata pretest 48,18 postest 75,28 dan N-Gain 0,69 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan perhitungan diperoleh Zhitung = 1,80 dan Ztabel 1,65, dengan demikian Zhitung 1,80 > Ztabel = 1,65. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index card match lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA (Giving Question Getting Answer) pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Siswa, Strategi Pembelajaran Aktif, Tipe Gqga (Giving Question Getting Answer)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Physiology > Secretion, Excretion, Related Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:28
Last Modified: 10 May 2016 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item